Awas.. Jangan Lakukan Ini Jika Anda Melamar Pekerjaan di Job Fair

surat-job-fair-terbaru
BANJARNEGARA, BERITA BBN-Banyak pelamar pekerjaan yang mencoba mengadu nasib melalui Job Fair. Kegagalan saat melamar kerja menjadi hal yang sangat menyakitkan. Namun, tahukah Anda jika ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan.
Bagi Anda yang sering gagal melamar pekerjaan, sebaiknya Anda mulai mengembalikan permasalahan tersebut pada diri sendiri. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar siap untuk bekerja?… Jangan sampai hal yang sangat sepele justru membuat Anda gagal mendapatkan pekerjaan yang Anda idamkan. Sebuah tips dari Psikolog People Development Manager ECC UGM Rudi Widiyanto, M.Psi.
Menurutnya, ada beberapa pantangan yang harus dihindari bagi para pelamar pekerjaan, khususnya mereka yang mengadu nasib melalui Job fair.
Hal yang paling utama dan wajib Anda ketahui adalah profil dari perusahaan yang Anda tuju. Jangan sampai, Anda melamar pekerjaan pada satu perusahaan yang Anda justru tidak tahu sama sekali. Ada baiknya, sebelum melamar, Anda mempelajari profil perusahaan dan lowongan pekerjaan apa yang ditawarkan, pilih sesuai dengan impian dan kemampuanmu.
Selain itu, meski banyak peluang yang ditawarkan, Anda jangan melakukan aksi aji mumpung alias asal daftar pada lowongan yang ditawarkan. Hal ini justru akan menjebak diri sendiri, karena asal daftar membuktikan jika Anda tidak serius dalam mencari pekerjaan. Sebaiknya, sebelum menyerahkan lamaran, Anda lebih serius dan selektif dalam memilih lowongan yang ditawarkan, pikir kembali motivasimu mencari kerja.
Persiapan yang matang, penampilan yang rapi dan menarik serta terlihat segar juga menjadi bagian yang sangat penting dalam melamar pekerjaan. Karena tidak menutup kemungkinan kamu akan langsung menjalani proses wawancara. Datanglah dengan pakaian yang pantas, sesuaikan dengan perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa tahu bagaimana kriterianya.
Permasalahan kesiapan berkas lamaran menjadi sangat penting dalam tujuanmu melamar kerja. Kekurangan berkas lamaran menjadi perhatian khusus bagi penyedia lowongan pekerjaan. Jika ingin segera mendapatkan pekerjaan, cari tahulah kebutuhan san persyaratannya, jika diperlukan lakukan konsultasi sebelum mengajukan lamaran yang tersedia di Job fair. Persiapkan segala sesuatunya sejak awal, jangan sampai ada yang tertinggal atau belum lengkap. Buat CV yang simpel dan menarik, kamu bisa memakai contoh CV berupa format Euro Pass untuk format yang lebih resmi dan universal.
Mental juga menjadi bagian penting bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan, jangan sampai mental Anda disebut sebagai mental tempa. Apapun yang terjadi, kamu harus siap. Ditambah lagi, situasi job fair dengan banyak pengunjung membuatmu harus tetap bersabar, apalagi di tengah cuaca yang berubah-ubah.
Bekal yang cukup harus Anda perhatikan saat akan melamar pekerjaan di Job Fair, makanan dan minuman yang cukup akan membuat Anda tampak tetap bugar meski sudah lama menunggu antrean. Usahakan perut tidak dalam keadaan kosong dan bawa air mineral selama mengikuti job fair agar tetap fresh.
Job fair merupakan penjembatan antara jobseeker dengan perusahaan. Gunakan kesempatan, buat Anda memang pantas untuk mendapatkan pekerjaan. Siapkan segala sesuatunya dengan baik. Sooo… Tetap semangat dan optimistis dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan menjadi pekerjaan yang Anda impikan demi mencapai Kariear yang diharapkan.. selamat mencoba.

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.