Ribuan Pencaker Serbu Job Fair

  • Para pencaker saat menunggu giliran menyerahkan lamaran dalam Job Fair 2016 di Ceentral Convention Hall Sabtu (27/8). beritabanjarnegara.com

BANJARNEGARA, BERITA BBN-Berbekal ijazah terakhir dengan surat lamaran kerja beserta syarat pendukung lainnya, ribuan pencari kerja (pencaker) di Banjarnegara silih berganti mendatangi job fair atau bursa kerja yang diadakan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Banjarnegara di Central Convention Hall, sejak Jumat (26/8) dan Sabtu (27/8).
Para pelamar yang datang dari berbagai wilayah rela mengantre agar bisa melamar pekerjaan. banyaknya pilihan posisi jabatan dari sejumlah perusahaan yang membuka lowongan kerja (loker), membuat para pencaker memiliki pilihan pekerjaan sesuai kriteria yang dimilikinya.
Bahkan selama dua hari berturut-turut dibukanya Job Fair ini, Gedung Central Convention Hall yang memiliki kapasitas dua ribu orang ini terus ramai didatangi para pencaker yang rata-rata adalah sarjana fresh graduate atau lulusan terbaru. Mayoritas pencaker merupakan sarjana Strata I (SI) dan Diploma III (DIII) dari berbagai perguruan.
“Saya bawa lima surat lamaran kerja dan semuanya sudah saya serahkan langsung dengan orang-orang perusahaan yang membukan lowongan di job fair ini. Mudah-mudahan saya dipanggil dan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya,” ujar Putra, seorang pencaker yang berlatar belakang lulusan Sarjana Ekonomi.
Kepala Dinsosnakertrans Banjarnegara Aziz Achmad mengatakan, jumlah perusahaan yang ikut job fair ini ada sebanyak 24 perusahaan. Bahkan perusahaan yang ikut serta ini tidak hanya drai Banjarnegara, tetapi juga ada dari luar Banjarnegara, seperti Tangerang, Jogja, Semarang, Purbalingga dan kota lainnya.
“Bukan hanya untuk berlatar belakang sarjana atau diploma saja tetapi juga SMP dan SMA sederajat pun ada lowongannya. Bursa kerja ini rutin kita adakan setiap tahun. Tahun ini, setidaknya ada 24 perusahaan dengan kebutuhan tenaga kerja mencapai 2.400 orang,” katanya.
Mengenai jumlah pencaker yang ikut serta job fair kali ini, dia mengatakan, pada hari pertama kemarin setidaknya lebih dari 1.500 pencaker datang untuk melamar. “Pada era globalisasi dengan persaingan yang semakin kuat, kami sebagai panitia membantu warga yang membutuhkan pekerjaan. Melalui job fair ini para pencari kerja bisa bertemu langsung dengan pihak perusahaan yang memang benar membutuhkan karyawan atau pegawai,” ujarnya. (el)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.