Peringati Kesaktian Pancasila, Pelanggar Lalin Dihukum Hafalkan Pancasila

Kanit Turjawali saat meminta pelanggar lalin melafalkan Pancasila
Kanit Turjawali saat meminta pelanggar lalin melafalkan Pancasila

BANJARNEGARA, BERITA BBN-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banjarnegara menggelar razia simpatik di sejumlah wilayah Banjarnegara, Sabtu (1/9). Kegiatan tersebut bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila.
Para pengendara motor dihentikan laju kendaraannya satu persatu untuk diperiksa kelengkapan kendaraan dan Surat Izin Mengemudi (SIM). Uniknya, dalam pemeriksaan kendaraan bermotor itu, selain menyodorkan surat tilang bagi para pelanggar, petugas juga memberikan sanksi pada pelanggar ringan untuk melafalkan Pancasila.
Mereka yang terjaring razia dihukum menghafal teks Pancasila. Razia ini praktis membuat para pelanggar terkejut. Beberapa diantaranya terlihat kikuk saat diminta untuk membaca urut teks Pancasila oleh petugas.
Seperti halnya pemuda asal Banjarnegara Heru Sasmito, yang diketahui tidak membasa SIM karena tertinggal di rumah, untuk itu dia diminta untuk melafalkan Pancasila.
“Kaget dan grogi, untung masih hafal pancasila,” katanya.
Kanit Turjawali Satlantas Polres Banjarnegara Ipda Heri Sudaryanto mengatakan, razia ini selain untuk penegakan hukum dan disiplin berlalu lintas, juga untuk mengingatkan pentingnya arti sejarah dan dasar negara pancasila.
“Kita beri hukuman kepada pelanggar lalu lintas, dengan menghafal Pancasila. Operasi ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, mengingat tingkat kecelakaan lalu lintas tahun 2016 sampai saat ini paling tinggi dibanding tahun sebelumnya,” katanya.
Menurutnya, kegiatan ini sekaligus untuk mendorong masyarakat agar mengerti Pancasila dan dapat mengimplementasikan sila yang terkandungnya pada kehidupan sehari-hari. Bagi pelanggar yang tidak hafal Pancasila, ia bimbing hingga hafal sebelum melanjutkan perjalanannya kembali. (el)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.