Bupati: Masyarakat Jangan Minder Gunakan Produk Lokal

penandatanganan-launching-produk-lokal
BANJARNEGARA, BERITA BBN-Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengajak dan mengingatkan masyarakat Banjarnegara untuk tidak minder menggunakan produk lokal, baik produk pakaian maupun makanan tradisional khas daerah sendiri.
“Kalau kita sendiri merasa minder atau malu menggunakan produk lokal warisan leluhur, bagaimana mungkin orang lain mau memakai atau menghargai produk lokal kita,” kata bupati dalam launching ‘Iyong Cinta Produk Lokal banjarnegara’ di Alun-alun Banjarnegara, Sabtu (8/10).
Dia juga menghimbau masyarakat agar tidak malu-malu menyuguhkan makanan tradisional khas daerah kepada tamu atau wisatawan yang berkunjung di daerah Banjarnegara. Sebab, kata dia, dengan menyukai produk khas daerah yang disuguhkan, maka para tamu atau wisatawan akan menjadi ingat Banjarnegara dan berkeinginan untuk kembali berkunjung ke daerah itu.
“Jangan hanya memakai, tetapi harus bangga dan ikut mempromosikan, sehingga produk lokal ini tidak hanya dikenal di Banjarnegara, tetapi lebih luas lagi, syukur bisa sampai menembus mancanegara,” katanya.
Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sudah sejak lama selalu mengajak masyarakat menyintai produk lokal, satu upaya yang dilakukan adalah dengan kewajiban PNS untuk menggunakan bahasa jawa setiap hari kamis, dan pakaian khas pada setiap Kamis di akhir bulan.
Selain itu, beberapa makanan tradisional Banjarnegara juga sudah banyak disuguhkan dalam berbagai acara, hal ini harus digalakkan agar kecintaan terhadap produk lokal semakin tumbuh.
“Kami sangat percaya, makanan khas daerah juga tidak kalah lezat jika dibandingkan dengan makanan orang luar negeri seperti pizza, haburger atau spagety,” katanya. (el)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.