Ribuan Warga Saksikan Festival Serayu Banjarnegara


BANJARNEGARA,BBN-Ribuan warga dari berbagai daerah sangat antusias menyaksikan pembukaan Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2017 di Alun-alun Banjarnegara, Rabu (23/8) malam kemarin.
Pembukaan FSB 2017 dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengenakan busana tokoh pewayangan Bima, sedangkan bupati Banjarnegara mengenakan busana Kresna, dan wakil bupati mengenakan busana Arjuna.
Pembukaan FSB 2017 dihadiri sejumlah duta dari kementerian RI, anggota DPR, hingga pejabat lainnya. Tamu undangan dan warga pun dihibur berbagai kesenian tradisional melalui parade budaya.
Dalam sambutannya, Gubernur Jateng mengapresiasi pelaksanaan FSB 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. “Saya harap acara hari ini tidak sekadar unjuk seni budaya,” katanya.
Ia mengharapkan acara ini dapat menjadi ajang untuk memromosikan potensi pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Ganjar mengaku sangat setuju dengan tema yang diambil dalam penyelenggaraan FSB yakni “Merawat Serayu, Merawat Peradaban”.
Usai dibuka secara resmi oleh gubernur, kegiatan dilanjutkan dengan atraksi wayang orang yang merupakan wakil dari kesenian Kecamatan Madukara, disusul dengan 99 parade Bima, dan sejumlah kesenian lain dari wilayah Banjarnegara.
Selain itu juga ada barisan penjor, yang diikuti barisan 22 Bima, dan pertunjukan Rampak Yaksa Pringgondani (raksasa Pringgondani) yang merupakan tarian kolosal kebanggaan masyarakat Dataran Tinggi Dieng. (eel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.