Pawai Sepeda Ngok-ngok Meriahkan HUT RI


BANJARNEGARA,BBN-Ribuan warga Desa Purwanegara, Kecamatan Purwanegara tumpah ruah memadati lapangan desa dengan menggunakan sepeda yang dihias dengan sedemikian rupa. Mereka memberikan ornamen yang menimbulkan bunyi dan dipasang pada roda sepeda. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai penutup rangkaian HUT RI ke 72 tahun 2017, Minggu (27/8) kemarin.
Panitia Pawai Sepeda Ngok-ngok Desa Purwanegara, Tatang Sarjono mengatakan, ide dari pawai sepeda ini dilakukan untuk mengingatkan pada masa kecil dulu, dimana sepeda onthel dipasangi sumpring (kulit bambu) pada jeruji sepeda hingga mengeluarkan bunyi.
“Tidak hanya anak kecil, orang dewasa juga ikut dalam kegiatan ini, nama Ngok-ngok sendiri diambil dari keaneka ragaman bunyi yang dikeluarkan dari sepeda. Mereka bebas melakukan kreasi sepedanya hingga mengeluarkan bunyi dan hiasan yang unik,” katanya.
Menurutnya, tidak hanya dengan kaleng, peserta juga ada yang menghias sepedanya dengan menggunakan limbah hingga ornamen lain. Lagu perjuangan juga mengiringi peralanan pawai sepeda yang mengelilingi jalan desa.
Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan sepeda sebagai transportasi yang ramah lingkungan. Sebab, selama ini keberadaan sepeda nyaris tergeser dengan transportasi mesin seperti sepeda motor dan lainnya.
“Kita tahu, selain sehat, menggunakan sepeda juga ramah lingkungan. Saat ini banyak anak-anak yang belum waktunya namun sudah menggunakan sepeda motor. Dari kegiatan ini, kami ingin kembali menjadikan sepeda sebagai trand bagi anak muda, khususnya usia sekolah,” katanya. (toy)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.