Jelang Kunduran Budaya, Pramuka Wanayasa Bikin Gitar Raksasa


BANJARNEGARA,BBN-Jelang pelaksanaan kunduran budaya yang dilakukan oleh Seniman Muda Wanayasa (Sendawa) tahun 2017 ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Tidak hanya dari segi acara, tetapi juga ornamen pendukung kegiatan yang akan dilakukan pada Sabtu (23/9) mendatang.
Pada tahun ini, ada gitar raksasa yang dibuat oleh gerakan Pramuka DKR Wanayasa yang dipajang di kebun budaya Kinara Kinari. Pembuatan gitar raksasa ini menggunakan ornamen limbah batang padi (jerami) dan dilakukan secara bersama-sama.
Gitar dengan panjang 12 meter ini melambangkan jumlah bulan dalam satu tahun, sementara pembuatan gitar ini dipilih sebagai alat musik rayat yang mudah untuk dimaninkan. Tak hanya itu, keberadaan alat musik ini juga melambangkan akan Wanayasa sebagai daerah yang memiliki banyak budaya dan seminam.
“Untuk tahun ini, tema dari Kunduran Budaya Sendawa ini adalah gotong royong. Hal ini dapat dilihat dari proses tahapan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama, termasuk pada acara puncak nanti, yakni bentang ondol 1000 meter,” ujar Nono ketua pelaksana Kunduran Budaya Desa Wanayasa.
Menurutnya, ide adek-adek Pramuka ini cukup baik dalam mendukung kegiatan tahunan di Wanayasa, Kunduran Budaya dan bentang Ondol 1000 meter sudah menjadi agenda tahunan. Pembuatan alat musik dengan menggunakan limbah ini juga sebagai satu wujud akan pemanfaatan limbah menjadi karya seni yang sangat baik.
Ketua DKR Wanayasa Eko Andi Atmaja mengatakan, tahun ini andil Pramuka dalam Kunduran budaya tidak hanya sebagai peserta dan penikmat, tetapi terjun langsung mulai dari persiapan hingga pelaksanaan nanti. Pramuka memiliki kreatifitas tinggi, keterlibatan pramuka dalam kegiatan ini menjadi bukti bakti Pramuka pada lingkungan dan seni budaya.
“Ini menjadi satu wujud pengamalan Pramuka yang tertuang dalam Dasa Darma Pramjuka, yakni rajin trampil dan gembira. Kami bersama anggota Pramuka Wanayasa ini melakukan kegiatan gotong-ronyong ini dengan rasa gembira,” ujarnya. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.