Edukasi Warga, KPU Launching Rumah Pintar Pemilu


BANJARNEGARA,BBN-KPU Kabupaten Banjarnegara meresmikan rumah pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjarnegara di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjarnegara, Rabu (20/9).
Dalam launching rumah pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjarnegara ini dihadiri langsung oleh wakil bupati Banjarnegara Syamsudin, wakapolres Banjarnegara, pimpinan dan anggota DPRD, komisioner, serta masyarakat dan pelajar.
Ketua KPU Banjarnegara Gugus Risdaryanto mengatakan, program rumah pintar KPU adalah program dari KPU pusat yang disampaikan ke KPU kabupaten. Adanya rumah pintar KPU ini sengaja dilakukan untuk memberikan pembelajaran dan lebih mendekatkan serta mengkomunikasikan kepada publik dalam hal menyosialisasikan proses pemilu secara utuh.
“Selama ini, masyarakat hanya mengetahui sekadar proses pencoblosan. Padahal seyogiayanya pemilu adalah tahapan yang sangat panjang,” katanya.
Apalagi, kata dia, saat ini proses tahapan pemilihan gubernur jateng, yang kemudian disusul dengan tahapan pemilihan legislatif dan presiden. Maka dari itu, melalui rumah pintar ini, pihaknya dapat memberikan informasi utuh kepada masyarakat. Hal ini pula dalam rangka KPU meningkatkan peran serta masyarakat dan partisipasi pemilih.
Menurutnya, dari rumah pintar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pemilu dan mendorong partisipasi pemilih, dimana pemilu yang demokratis senantiasa menuntut sebuah partisipasi.
Integritas perolehan hasil suara bisa menjadi bagian dari indikator tingkat partisipasi pemilih. Ia mengatakan rumah pintar disengaja didesain sederhana di kantor dibuat didinding dalam bentuk panel informasi yang memuat data-data pemilihan.
“Dalam panel itu dikelompokkan tentang sejarah pemilu, kemudian tentang pentingnya demokrasi dan sistem pemilu di Indonesia, tahapan pemilu, proses pemilu, peserta pemilu, profil penyelenggara pemilu, dan pengetahuan pemilu. Tak hanya itu, ada juga audio video yang menceritakan sejarah pemilu,” ujarnya. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.