Musik Gembung Ramaikan Pameran Keramik


PURWAREJA KLAMPOK, BBN-Sebagai bentuk kepedulian terhadap seni tradisional yang ada di Banjarnegara, panitia Pameran Keramik Klampok menghadirkan seni tardisional Gembung yang merupakan seni khas Desa Pagak.
Camat Purwareja Klampok Gatot Yahya S mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sejak 26 hingga 29 September ini dilakukan untuk kembali menggairahkan kerajinan keramik klampok yang sempat booming di Banjarnegara. Untuk itu, dalam mengisi kegiatan pameran ini juga ditampilkan berbagai kesenian khas yang ada di wilayah Kecamatan Klampok.
“Ini bagian dari nguri-uri budaya warisan leluhur. Di Kecamatan Purwareja Klampok ada Desa Pagak yang memiliki kesenian khas, untuk itu kami menampilkan kesenian ini sekaligus ikut mengenalkan Desa Pagak sebagai desa wisata yang ada di kecamatan ini,” katanya.
Selain itu, pameran keramik ini juga sebagai wadah silaturahmi bagi perajin keramik Klampok dan para seniman yang ada di wilayah ini, sekaligus melakukan promosi potensi yang ada di wilayah Klampok.
“Kesenian tradisional Gembung adalah kesenian khas yang sudah punah, namun saat ini kembali digairahkan oleh para seniman yang ada di Desa Pagak. Untuk itu kami ikut mempromosikan kesenian dengan alat musik yang terbuat dari bambu ini,” ujarnya. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.