KPU Akhirnya Terima Berkas Pendaftaran Perindo

KPU saat menerima pengurus DPC PKB saat melakukan konsultasi pendaftaran calon peserta pemilu

Sebagai Pendaftar Pertama, Sempat Ditolak

BANJARNEGARA,BBN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarnegara akhirnya menerima berkas pendaftaran Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sebagai calon peserta Pemilu 2019, pada Selasa (10/10).
“Pendaftaran sampai tanggal 16 mendatang. Sampai saat ini, baru satu parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran. Sebenarnya, partai Perindo sudah mendaftar pada Senin (9/10) kemarin, tetapi karena ada kekurangan kami kembalikan, dan hari ini (kemarin) berkas sudah lengkap, sehingga kami terima,” kata Ketua KPU Banjarnegara Gugus Risdaryanto.
Menurutnya, setelah berkas diterima, KPU akan melakukan penelitian berkas sebelum dilakukan verifikasi faktual. Tahapan ini dilakukan sesuai dengan peraturan KPU terkait dengan syarat pendaftaran partai, khususnya parati baru.
“Nantinya akan kami lakukan verifikasi faktual, data yang akan diverifikasi nantinya ditentkan oleh KPU pusat, kita tinggal melaksanakan saja, yang jelas tim verifikasi sudah siap,” ujarnya.
Partai Perindo menjadi pendaftar pertama di KPU Banjarnegara, sebelumnya partai tersebut mendaftar ke KPU pada Senin (9/10) sekitar pukul 11.00 WIB, namun berkas pendaftaran yang diajukan oleh Perindo dikembalikan lagi oleh KPU setempat.
Partai Perindo menyerahkan berkas dokumen persyaratan sebagai parpol peserta pemilu yang berisikan dokumen kepengurusan dan keanggotaan Perindo Banjarnegara, berkas tersebut dibawa oleh ketua DPD Perindo Banjanegara Sunarso Kadar Waluyo bersama jajaran pengurus dan kader parati.
Berkas tersebut diterima langsung oleh ketua KPU Banjarnegara Gugus Risdaryanto didampingi komisioner KPU dan Panwas Kabupaten Banjarnegara. Setelah itu, KPU melakukan cek list penerimaan salinan keanggotaan.
Sesuai dengan aturan yang ada, berkas untuk keanggotaan yang diserahkan untuk verifikasi adalah 1/1000 dari jumlah penduduk. Sehingga untuk Banjarnegara minimal 1.002 keanggotaan, jumlah tersebut mengacu pada jumlah penduduk Banjarnegara yang mencapapi 1.002.398 jiwa.
Sementara itu, Ketua DPD Partai Perindo Banjarnegara Sunarso Kadar Waluyo mengatakan, sesuai dengan aturan yang ada, kami menyerahkan 1332 anggota dari 1002 yang disyaratkan. Hari ini, kami melengkapi kekurangan berkas yang kemarin disarankan oleh KPU.
“Kami tetap optimistis lolos verifikasi faktual, berkas ini sudah kami lengkapi, kebetulan 10 kekurangan KTA dan KTP terjadi di satu kecamatan, sehingga akan lebih cepat. Data yang kami serangkah terkait keanggotaan juga sangat rill, maka dari itu kami optimistis lolos sebagai peserta pemilu 2019,” ujarnya. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.