Siapkan Festival, Dinas Bentuk FK Desa Wisata


BANJARNEGARA,BBN-Dukungan terhadap perkembangan sektor pariwisata berbasis desa mandiri terus dilakukan oleh pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara. Untuk itu, dinas membentuk Forum Komunikasi (FK) desa wisata yang merupakan pioner dalam pergerakan festival desa wisata 2017.
Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Masrur Hadi mengatakan, forum ini nantinya akan menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisata dengan menciptakan desa wisata melalui pengelolaan dan optimalisasi potensi yang ada di setiap wilayah.
Menurutnya, festival desa wisata menjadi momentum kebangkitan sektir pariwisata mandiri yang menjadi unggulan daerah. Dalam kegiatan tersebut, setiap desa akan menampilkan berbagai produk unggulan pariwisata, termasuk kesenian khas dan unggulan lainnya.
“Kegiatan ini juga ada diskusi antar pengelola desa wisata, sehingga nantinya ada solusi dan pemecahan masalah bagi setiap desa wisata, sehingga setiap desa wisata yang ada di Banjarnegara dapat berkembang dan maju bersama demi kesejahteraan masyarakat desa setempat,” ujarnya.
Sementara itu, ketua FK terpilih Chairul Anam mengatakan, keberadaan forum ini sangatlah penting, kebersamaan dan profesionalitas pengelola menjadi hal yang tidak terpisahkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Banjarnegara.
Festival desa wisata menjadi satu upaya untuk mengenalkan potensi desa wisata di Banjarnegara pada khalayak, sehingga kunjungan wisata di Banjarnegara akan terus meningkat. “Untuk festival desa wisata perdana ini rencananya akan digelar pada 203 Desember mendatang, kegiatan tersebut akan dipusatkan di desa wisata Dieng Kulon Kecamatan Batur,” katanya. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.