Banjarnegara Kembangkan Wisata Kayak Telaga Merdada


BANJARNEGARA,BBN-Pemanfaatan potensi wisata terus dilakukan oleh Pemkab Banjarnegara, termasuk dengan memanfaatkan telaga merdada yang ada di dataran tinggi Dieng sebagai tempat wisata kayak.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, pengembangan telaga merdada sebagai tempat wisata kayak ini tidak lepas dari pengembangan wisata yang ada di dataran tinggi Dieng.
“Kita sudah mulai mengenalkan wisata in, akhir pekan kemarin kami menggelar festival telaga merdada. Telaga ini ada di ketinggian 2.045 meter dpl, telaga ini juga memiliki luas sekitar 25 hektar,” katana.
Menurutnya, telaga ini terletak di Desa Karang Tengah Kecamatan Batur. Telaga Merdada dikelilingi oleh dua bukit, yaitu Bukit Pangonan dan Semurup. “Pastinya wisatawan akan merasa lebih nyaman, selain luas, wisatawan dapat menikmati banyak ikan yang berwarna menarik dengan menggunakan kayak mengelilingi telaga. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat belibis sejenis angsa lokal yang hidup liar,” ujarnya.
Dikatakannya, dengan pengawalan dari guide yang ahli dibidangnya, wisatawan tidak perlu khawatir, sebab wisatawan tetap aman dengan menggunakan kayak dengan peralatan yang standart keamanan.
Ahmad M Fajar, pengelola wisata mengatakan pembukaan wisata baru ini tidak semata-mata bertujuan komersial. Namun juga bertujuan untuk melestarikan lingkungan. Sebelumnya, sedimentasi di telaga ini dalam tahap yang mengkhawatirkan. Padahal, air telaga sangat diperlukan untuk kelangsungan pertanian warga sekitar. Dengan dikembangkan menjadi obyek wisata, pengelola dan masyarakat sekitar bergotong-royong menyelematkan telaga dari tumpukan sedimen.
“Kami memang ingin agar warga sekitar lebih peduli dengan kelestarian telaga,katanya. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.