Operasi Sikat, Polisi Amankan 15 Tersangka


BANJARNEGARA,BBN-Kepolisian Resor Banjarnegara berhasil menangkap 15 tersangka tindak kejahatan baik kasus pencurian dengan pemberatan maupun kekerasan dalam Operasi Sikat Candi tahun 2017.
Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Pricillia Ohei mengatakan, pada operasi Sikat yang dilaksanakan mulai tanggal 25 September hingga hingga 14 Oktober itu, polisi berhasil menangkap 15 tersangka yang melakukan aksinya disejumlah tempat di Banjarnegara.
“Dari 15 tersangka, tiga tersangka sudah diserahkan ke jaksa untuk menjalani persidangan,” katanya.
Menurutnya, dari 15 tersangka yang diamankan, tiga diantaranya merupapkan residivis. Tidak hanya itu, dari hasil opersi ini, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti berupa Laptop, TV, sepeda motor, pompa air, compresor, HP, sertifikat tanah, dan beberapa barang berharga lainnya.
Dikatakannya, para tersangka langsung diperiksa dan diproses hukum untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya di dalam persidangan pengadilan. Para tersangka ini melakukan tindak pencurian, mulai dari pencurian dengan kekerasan, hingga pencurian dengan pemberatan.
“Untuk pencurian dengan kekerasan, para tersangka ini dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun, sementara untuk pencurian dengan pemberatan dikenakan pasal 363 dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” katanya.
Untuk mencegah terjadinya tindak pencurian, Kapolres meminta pada masyarakat untuk selalu waspada, termasuk dengan tidak menggunakan HP saat berkendara, menitipkan rumah pada tetangga saat akan bepergian, sehingga tetangga ikut mengawasi akan keamanan lingkungannya.
“Kunci betul rumahnya saat akan meninggalkan rumah, waspada selalu kondisi lingkungan sekitar. Jangan segan untuk melapor polisi jika terjadi tindak kejahatan di lingkungannya,” katanya. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.