Polisi Bekuk Pengedar Obat Terlarang


BANJARNEGARA,BBN-Jajaran Polres Banjarnegara berhasil membekuk tiga pemuda yang kedapatan menjual psikotropika jenis hexymer. Bahkan para tersangka ini menyasak kalangan pelajar di Banjarnegara.
Ketiga tersangka tersebut adalah IQ (22) warga Kecamatan Punggelan, RZ (17) warga Kecamatan Wanadadi, dan FZ (17) warga Kecamatan Punggelan. Para tersangka ini dibekuk di tempat berbeda. IQ diamankan di rumah metuanya bersama dengan 147 butir pil hexymer sebagai barang bukti, sementara dari RZ dan FZ, polisi mengamankan 75 butir.
Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Pricillia Ohei mengatakan, penangapan tersebut bermula ketika jajaran Satnarkoba Polres Banjarnegara mendapatkan informasi akan adanya transaksi narkoba di wilayah hukum Polres Banjarnegara. Setelah dilakukan penyelidikan, Polres Banjarnegara akhirnya berhasil membekuk tiga tersangka tersebut.
“Setelah dilakukan pemeriksaan, para tersangka ini sering nongkrong di lingkungan sekolah, bahkan mereka juga menjual obat tersebut pada kalangan pelajar yang ada di Banjarnegara,” katanya.
Menurutnya, para tersangka ini mengaku mendapatkan obat hexymer ini dibeli dari daerah Arcawinangun, tersangka membeli obat tersebut seharga Rp 1,3 juta untuk 600 butir, kemudian tersangka menjual obat tersebut dengan harga Rp 3.500 hingga Rp 5.000 per butir.
Para pengedar tersebut memang menyasak kalangan pelajar dalam memasarkan barang haram tersebut, beberapa konsumennya adalah para pelajar pada pelajar di Banjarnegara. Dari kasus ini, dia juga mengimbau kepada orang tua untuk ikut mengawsi anaknya. Sehingga tidak sampai tejerumus pada hal negatif.
“Ini jenis obat penenang yang peredarannya dibatasi, efeknya adalah lemas dan berhalusinasi. Ini sangat berbahaya bagi syaraf yang mengonsumsinya,” ujarnya.
Hingga saat ini ada tiga kecamatan yang diketahui marak penjualan obat tersebut. Yakni Kecamatan Punggelan, Purwanegara dan Bawang. Akibat perbuatannya, para tersangka ini dijerat dengan pasal 196 dengan ancaman pidana 10 tahun penjara. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.