Hujan Deras Robohkan Rumah Warga


RAKIT,BBN-Hujan deras yang terjadi dalam kurun waktu lebih dari enam jam yang mengguyur Kecamatan Rakit pada Senin (6/11) kemarin merobohkan rumah milik Suprapto warga Desa Pingit, RT 6 RW 1 Kecamatan Rakit.
Kepala Dusun I Desa Pingit Erwan mengatakan, hujan lebat diserta angin kencang yang terjadi sejak pukul 15.00 WIB hingga dini hari, kondisi ini membuat sebagian warga cemas, bahkan sebagian warga memilih berjaga untuk mencegah terjadinya korban jiwa jika terjadi bencana. “Hujannya memang luar biasa, sekitar pukul 21.00 WIB, kami mendengar suara keras yang ternyata rumah Suparto roboh,” katanya.
Dengan kondisi hujan yang masih deras, sejumlah warga secara swadaya bergotong royong menyelamatkan penghuni rumah dan barang perabotan yang berserakan hingga keluar rumah. Meski berhasil diselamatkan, Suprapto yang saat kejadian masih berada dalam rumah bersama keluarganya mengalami luka akibat terkena reruntuhan bangunan, wargapun langsung membawanya ke Puskesmas Rakit.
“Kerusakannya cukup parah, sehingga sementara waktu seluruh penghuni diungsikan ke rumah kerabatnya,” katanya.
Kepala Desa Pingit Miftahudin mengatakan, selama musim hujan ini pihaknya menyiagakan perangkat dan pemuda untuk waspada dan siaga terhadap segala kemungkian yang dapat terjadi, mengingat wilayahnya tersebar di lima dusun dengan jarak yang jauh. “Sistem keamanan lingkungan bersama pemuda dan perangkat desa kami intensifkan dan selalu berkordinasi dengan stakeholder terkait,” katanya.
Selain itu pihaknya juga menghimbau kepada seluruh warga untuk waspada apabila terjadi hujan lebat terutama pada malam hari.
Humas PMI Kabupaten Banjarnegara M.Alwan Rifai setelah menerima laporan dari perangkat desa langsung menerjunkan personel untuk Asessment atau pendataan korban serta kebutuhan yang diperlukan. “Dari hasil assessment serta keterangan korban, total kerugian diperkirakan mencapai Rp 30 Juta rupiah,” katanya.
Kebutuhan mendesak yang diperlukan saat ini yakni bahan material bangunan, Sembako dan family kit atau kebutuhan keluarga.
Untuk meringankan beban korban, PMI Banjarnegara memberikan Respon bantuan cepat berupa Paket Sembako, Family kit, Kitchen Set, Pakain, Selimut, Hygienekit, Matras dan karpet serta pelengkapan Ibadah. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.