Operasi Zebra, Pemohon SIM Meningkat Drastis


BANJARNEGARA,BBN-Sejak digelarnya operasi zebra yang dilakukan polisi lalu lintas hingga 14 November berdampak positif. Tingkat pengendara yang mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) pun meningkat drastis yakni mencapai rata-rata 160 orang per hari.
Jumlah warga yang mengurus SIM di Polres Banjarnegara selama beberapa hari terakhir meningkat dibanding sebelumnya. Para pengendara datang ke Mapolres sejak pagi hari. Mereka melengkapi syarat-syarat dan kemudian menyerahkan ke petugas.
Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Pricillia Ohei melalui Kasatlantas AKP Supadi mengatakan, sejak ada Operasi Zebra yang dimulai 1 Nopember lalu, jumlah pengendara yang mengurus SIM mencapai 150 hingga 214 orang per hari. Padahal sebelumnya hanya puluhan pengendara. Rata-rata mereka membuat SIM baru.
“Sebagian yang mengurus SIM ini mereka yang sudah pernah terjaring razia. Tapi ada juga yang bikin SIM karena kesadaran sendiri,” katanya.
Menurutnya, pengendara yang datang ke Polres ada yang ingin membuat SIM baru dan sebagian untuk memperpanjang masa berlakunya. Kasatlantas mengingatkan pengguna jalan agar melengkapi surat-surat kendaraan bermotor, serta mengunakan pengaman yang lengkap agar risiko kecelakaan berlalu lintas dapat diminimalisir.
“Untuk pemohon SIM C baru, rata-rata sekitar 100 pemohon lebih, sementara untuk yang perpanjang pada angka 50an per hari. Sedangkan untuk SIM A, pemohon baru mencapai 25 hingga 30, sementara peranjangan sekitar 20an per hari,” katanya.
Jumlah tersebut sangat menonjol jika dibandingkan dengan kondisi sebelum digelarnya operasi zebra, yakni kisaran 50 pemohon baru untuk SIM C, dan 10 hingga 20 pemohon SIM A.
Dikatakannya, SIM merupakan satu kewajiban yang harus dimiliki bagi pengemudi kendaraan bermotor, sebab sebelum memiliki SIM, pemohon harus melalui berbagai tahapan ujian, mulai dari teori hingga praktik. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.