Sisiwa MA GUPI Outbond di Koramil


RAKIT,BBN-Upaya untuk menanamkan jiwa kebangsaan pada siswa terus dilakukan, seperti yang dilakukan oleh siswa MA GUPPI (Gabungan Usaha Pembaharuan Penididikan Islam) Kecamatan Rakit yang mengunjungi Koramil 15 Rakit pada Rabu (29/11) kemarin.
Kedatangan para siswa kelas XI ini diterima langsung oleh Danramil Rakit Kapten Arh Rahmun. Para siswa ini mendapatkan pengerahuan wawasan kebangsaan melalui berbagai permainan atu outbond. Selain menambah wawasan kebangsaan, kegiatan ini juga sekaligus sebagia refresh para siswa untuk belajar di luar kelas.
Danramil 15 Rakit Kapten Arh Rahmun mengatakan, kegiatan penanaman wawasan kebangsaan tidak harus selalu dilakukan dalam terori atau ruang kelas, tetapi dapat dilakukan melalui kegiatan luar ruangan. Namun inti dari pembelajaran tersebut sampai dan akan melekat pada para siswa, sehingga mereka memiliki semangat dan jiwa nasionalisme yang tinggi.
“Kita lakukan kegiatan yang sederhana namun sarat makna, seperti bola tali, kain sarung beregu, dan kegiatan lainnya. Setelah bermain, mereka kami terangkan akan maksud dan makna dari permainan ini, artinya butuh kebersamaan dalam menjaga negara ini,” katanya.
Menurutnya, para siswa ini merupakan generasi penerus bangsa, sehingga mereka juga harus mendapatkan benak akan pentingnya menjaga keusuhan dan kesatuan negara ini, pemuda juga harus memiliki rasa percaya diri, menjalin kebersamaan, serta kesetiawakanan sosial yang kuat.
“Pengetahuan dalam wawasan kebangsaan ini juga sebagai benteng bagi mereka dalam menangkal pengaruh negatif yang dapat menjerumuskan mereka di masa depan,” katanya. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.