Kembangkan Wisata Kayak di Dataran Tinggi Dieng


DIENG,BBN-Dataran tinggi Dieng memiliki banyak potensi pariwisata, satu diantaranya adalah keberadaan Telaga Merdada. Telaga Merdada ini berada di zona dua dataran tinggi Dieng bersama Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Kawah Sileri.
Berbagai inovasi dilakukan oleh pemerintah dalam pengembangkan potensi wisaat di zona dua Dieng agar membuatnya lebih terkenal layaknya zona satu yang meliputi Candi Dieng, Kawah Sikidang dan lainnya untuk peningkatan kunjungan wisatawan.
Satu pengembangan wisata yang dilakukan adalah dengan kehadiran perahu mini atau kayak yang ada di kompleks Telaga Merdada yang ada di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara.
Selama ini, tenaga tersebut banyak dimanfaatkan oleh petani sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan tanaman mereka, namun pemerintah terus mengembangkan potensi yang ada, tidak hanya keindahan alam, namun juga wisata airnya.
“Telaga Merdada sangat potensial untuk dikembangkan karena mempunyai banyak potensi, sehingga kami menawarkan atraksi baru berupa wisata kayak di dataran tinggi,” kata Ahmad Fajar, penggagas wisata kayak di Telaga Merdada.
Menurutnya, selama ini dia sudah memiliki cukup banyak berpengalaman dalam menekuni wisata petualangan seperti arung jeram di Sungai Serayu, ke sedan, dia akan mengembangkan sejumlah potensi lain yang ada di Telaga Merdada.
Tidak hanya kayak, kompleks Telaga Merdada juga masih dalat dikembangkan sebagai potensi lain, seperti camping ground, out bond dan wisata petualangan lainnya. Akses menuju lokasi tersebut juga mudah karena berada tidak jauh dari jalur utama Banjarnegara-Dieng.
Fasilitas pendukung seperti home stay dan lainnya sudah ada. Bahkan tidak jauh dari zona satu di Dieng Kulon, Banjarnegara. “Setelah Festival Merdada beberapa waktu lalu, kini kayak di Telaga Merdada sudah dikenal luas dan kami sudah mendapat banyak tanggapan,” ujarnya.
Dengan kondisi tersebut, maka dia mengaku optimistis ke depan wisata Dieng di zona dua akan lebih ramai. (oel)

Facebook Comments

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.